PENYAJIAN DATA STATISTIK DALAM BENTUK DIAGRAM

PENYAJIAN DATA  STATISTIK DALAM BENTUK DIAGRAM

Hallo… pemirsa dan pembaca situs resmi mahasiswa UT Non Sipas di Hong Kong www.uthk-mandiri.com selamat berjumpa kembali dalam belajar bareng membahas mata kuliah Pengantar Statistik kali ini materinya : Macam-Macam Bentuk Diagram Untuk Data Tidak Berkelompok.

Macam-macam bentuk diagram untuk data tidak berkelompok adalah sebagai berikut:

  1. Diagram Batang
  2. Diagram Garis
  3. Diagram Lingkaran
  4. Diagram Lambang
  5. Diagram Titik
  • PENYAJIAN DATA  STATISTIK DALAM BENTUK DIAGRAM
  • PENYAJIAN DATA  STATISTIK DALAM BENTUK DIAGRAM
  • PENYAJIAN DATA  STATISTIK DALAM BENTUK DIAGRAM

Keterangan:

  1. Untuk Diagram lingkaran menggambarnya setiap bagian dari diagram lingkaran diukur dengan ukuran derajat yang terlebih dahulu dicari besaran derajatnya berdasarkan data yang ada dengan cara perbandingan antara besar data setiap bagian dengan banyaknya data dikali 3600.
  2. Pada diagram lingkaran jika ingin mencari besarnya prosentase setiap bagian data dapat dilakukan dengan cara mencari perbandingan antara besarnya setiap bagian dengan banyaknya data dikali 100%.

Sedangkan macam-macam bentuk diagram untuk data berkelompok adalah sbb:

  1. Histogram
  2. Poligon Frekuensi
  3. Ogive/Ozaiv

Keterangan:

  1. Histogram berbentuk batang-batang yang rapat antara interval kelas yang satu dengan yang lainnya, untuk batas batang setiap kelas intervalnya ditandai dengan ujung batas bawah dan ujung batas atas setiap kelas intervalnya.
  2. Poligon Frekuensi buat dengan mengambil setiap titik tengah dari masing-masing gambar batang histogram, kemudian dihubungkan.
  3. Ogive/Ozaiv dibuat dengan cara membuat tabel distribusi frekuensi kumulatifnya.
  4. Ogive/Ozaiv terbagi atas dua bagian:
    1. Ogive Positif
      Dibuat dari data yang ada pada tabel distribusi frekuensi kumulatif "kurang dari".
    2. Ogive Negatif
      Dibuat dari data yang ada pada tabel distribusi frekuensi kumulatif "atau lebih".

PEMBULATAN BILANGAN

  • ATURAN 1 : Jika angka terkiri dari angka yang harus dihilangkan kurang dari 5 maka angka terkanan dari angka yang mendahuluinya tetap (tidak berubah).
  • ATURAN 2 : Jika angka terkiri dari angka yang harus dihilangkan lebih dari 5 atau angka 5 diikuti oleh angka-angka bukan nol semua maka angka terkanan dari angka yang mendahuluinya bertambah dengan satu.
  • ATURAN 3 : Jika angka terkiri dari angka yang harus dihilangkan sama dengan 5 atau angka 5 diikuti oleh angka-angka nol semua maka angka terkanan dari angka yang mendahuluinya tetap jika angka tersebut genap, dan bertambah satu jika angka tersebut ganjil.

Contoh:

  1. Pembulatan bilangan 725,451 hingga perseratusan menjadi 725,45 (lihat aturan 1, karena angka yang harus dihilangkan adalah 1 yang bernilai kurang dari 5 maka angka yang mendahuluinya yaitu 5 tetap)
  2. Pembulatan bilangan 725,451 hingga persepuluhan menjadi 725,5 (lihat aturan 2, karena angka yang harus dihilangkan adalah 5 yang diikuti dengan angka bukan nol (angka 1) maka angka yang mendahuluinya yaitu 4 bertambah 1)
  3. Pembulatan bilangan 725,45 hingga persepuluhan menjadi 725,4 (lihat aturan 3, karena angka yang harus dihilangkan adalah 5 dan angka yang mendahuluinya adalah 4 yang merupakan bilangan genap)
  4. Pembulatan bilangan 725,35 hingga persepuluhan menjadi 725,4 (lihat aturan 3, karena angka yang harus dihilangkan adalah 5 dan angka yang mendahuluinya adalah 3 yang merupakan bilangan ganjil)

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa……

Penulis : Ida Kediri

Copyright © UTHK-Mandiri - Tulisan di website ini merupakan hasil karya members UTHK-Mandiri (UT Hong Kong Program Non-Sipas), silahkan apabila ingin mengutip sebagian atau seluruhnya dengan menyebut sumber UTHK-Mandiri/www.uthk-mandiri.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

UTHK-Mandiri adalah Wadah Bagi Mahasiswa UPBJJ UT Jakarta Program Non-Sipas di Hong Kong..!!

Current Song
Radio Online